Mengelola media sosial bisa menjadi pekerjaan yang berat bagi sebagian orang. Apalagi jika kita tidak mengetahui strategi social media management layaknya profesional. Kekuatan sebenarnya dari social media management bagi perusahaan jauh melampaui bidang postingan yang telah dijadwalkan sebelumnya. Ini tentang memicu percakapan yang bermakna, membina hubungan yang tulus, dan menciptakan komunitas yang dinamis di sekitar brand kalian.
Dengan mengoptimalkan strategi kalian untuk konversi paling bawah, kalian dapat mengubah orang yang penasaran menjadi pendukung yang penuh semangat, sehingga tidak hanya mendorong engagement rate yang lebih tinggi namun juga membuka potensi pertumbuhan bisnis yang belum dimanfaatkan.
Kalau kalian masih belum yakin bagaimana cara mengoptimalkan social media management, tak perlu khawatir. Persoalan ini memang adalah sesuatu yang membingungkan bagi banyak digital marketers. Untuk dapat memulai dengan langkah yang benar, kalian perlu melakukan tiga hal penting, antara lain melakukan audit media sosial, tentukan platform media sosial yang tepat, dan analisis audiens target kalian. Supaya lebih jelas, berikut cara menganalisa audiens akun medsos kalian.
Cara Menganalisa Audiens Akun Kalian
Cara Mengelola Konten Media Sosial yang Baik
Cara Melakukan Social Listening
Kelola influencer Marketing dengan Slice
Menganalisis audiens media sosial kalian adalah segalanya dalam mengelola social media management secara efisien. Ada banyak manfaat menganalisis pengikut kalian – termasuk
Di sisi lain, jika kalian tidak melakukan riset pasar sebelumnya, kalian bisa menjalani strategi yang salah, membuang-buang uang dan juga sumber daya. Bagaimana cara membangun gambaran rinci tentang audiens media sosial kalian?BACA JUGA: Cara Memilih Social Media Analytics yang Tepat untuk AgensiMulailah dengan mengelompokkan audiens kalian ke dalam persona sesuai dengan karakteristik mereka yang sama. Atau, jika kalian ingin membuat hidup lebih mudah, kalian dapat membiarkan artificial inteliigence (AI) melakukan pekerjaannya untuk kalian.Kemungkinan besar persona pelanggan kalian akan beragam. Misalnya, kalian bisamemiliki sekelompok remaja yang tertarik pada olahraga dan sekelompok pelanggan berusia 30 tahun yang tertarik pada konten-konten hiburan atau humor dan sering berinteraksi dengan konten tersebut.Memiliki informasi ini akan memungkinkan kalian memanfaatkan sumber daya kalian dengan lebih baik dengan berkonsentrasi melakukan hal terbaik bagi komunitas kalian. Jika kalian butuh bantuan menganalisis audiens target di media sosial, kalian juga bisa menggunakan analitik media sosial yang komprehensif dari influencer marketing platform Slice.
Buat gambaran luas mengenai strategi pembuatan, distribusi, hingga optimasi konten kalian di semua channel sosmed dengan kalender konten ini!
Email Address
Download
Thank you!
Setelah kalian selesai menganalisa audiens, kalian harus memiliki gagasan tentang arah yang harus diambil dalam strategi konten kalian.
Namun, menentukan format dan topik konten bukanlah segalanya. Seiring berkembangnya bisnis, kalian akan menghadapi tantangan untuk memproduksi konten dalam jumlah besar dengan cepat. Untuk dapat mengatasi masalah ini, kalian memerlukan alur kerja distribusi konten yang optimal.
Berikut cara mengelola konten media sosial yang efisien:
Misalnya, untuk Facebook, kalian bisa membuat 1-2 postingan per hari. Kemudian, TikTok sekitar 1-4 postingan per hari, Instagram 1-3 postingan per hari, dan di YouTube kalian bisa upload 1 video per minggu.
Social listening adalah elemen penting dari proses manajemen media sosial. Jika dilakukan secara rutin, ini dapat membantu kalian menyelesaikan banyak tugas, termasuk:
Bagaimana seharusnya kalian melakukan social listening di media sosial? Baca ulasan lengkapnya disini.
Ketika berbicara tentang social media marketing, kita tidak bisa melewatkan influencer marketing. Hal itu dikarenakan keduanya saling bersinggungan. Belum lagi tren influencer marketing yang sudah terbukti 11 kali lebih efektif dibanding teknik advertising pada umumnya, membuat teknik ini semakin populer di kalangan brand.
Mengelola influencer marketing pun sama rumitnya dengan mengelola konten media sosial, terlebih lagi jika kalian bekerja dengan banyak influencer sekaligus. Kalian akan kewalahan mengelola administrasi, memonitori masing - masing performanya, ataupun menyatukan data untuk dijadikan laporan. Belum lagi jika kalian membutuhkan wajah baru untuk mempromosikan produk kalian. Mencari influencer baru yang cocok dengan brand dan produk secara manual akan menyulitkan.
Untuk menyederhanakan semua itu, kalian bisa menggunakan Slice, influencer marketing platform yang dirancang untuk membantu brand maupun agency menyederhanakan flow influencer marketing. Dengan platform Slice, kalian bisa mencari influencer yang menjadi wajah baru untuk brand, mengelola banyak kreator sekaligus untuk keperluan content marketing, membuat report influencer marketing secara otomatis, hingga mendistribusikan pembayaran ke banyak kreator sekaligus.
Mengelola media sosial mungkin tampak menantang. Namun, tidak apabila kalian memiliki proses dan alat yang tepat. Mengikuti tips dan trik yang telah kami jabarkan sebelumnya serta mencoba fitur-fitur yang berguna dalam Slice bisa membantu pengelolaan social media kalian jadi lebih baik. Ini sekaligus bisa menunjang aktivitas pemasaran digital dan tujuan bisnis kalian dengan lebih efisien.