Affiliate ROI
Calculator
Try our free Affiliate ROI Calculator to find out the ROI of any Affiliate Program.
Currency
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form.
Total Estimated GMV
IDR 0
ROI
N/A x
What is an Engagement Rate Calculator?
Instagram Engagement Rate Calculator is a valuable tool for brands and influencers on Instagram. You can measure how engaging your Instagram posts are on the audience / followers views.

This is done by calculating the ratio of likes, comments, shares, and saves to the number of views. Use this calculator to track and analyze content performance, current trends, and make data-driven decisions. This will help you improve your Instagram strategy and maximize audience engagement.
Why Do You Need It?
You should calculate Instagram engagement rates for various reasons. For example, you might want to see how well the content of the influencer you want to endorse is performing. Here is another reason to calculate influencer engagement rate.

How to calculate Instagram engagement rate?

Kalian bisa menghitung engagement rate Instagram sendiri secara manual. Bagi jumlah engagement sebuah konten Instagram dengan jumlah followers yang dimiliki akun tersebut. Kemudian kali jumlah tersebut dengan 100 untuk mendapatkan persentasenya. Berikut adalah rumusnya:

Engagement rate = (jumlah engagement / followers) x 100
Engagement yang dimaksud adalah: Like, Comment, Share, Saves

Contoh: Lizzie Parra, konten kreator dengan 172,000 followers Instagram, mendapatkan 2,870 likes, 176 comments, 440 share, dan 397 saves di salah satu kontennya. Ini berarti engagement rate Lizzie Parra di konten tersebut adalah 2,26%.

How can I use this information for influencer marketing?

Engagement rate adalah metrik penting untuk menentukan kesuksesan campaign influencer marketing. Kalian bisa memanfaatkan informasi ini untuk membuat strategi pemasaran yang lebih baik sebagai brand.

Untuk influencer, kalian harus terus melacak engagement rate. Engagement rate menunjukkan seberapa populer dan berpengaruhnya konten kalian. Kalian akan memahami apa yang harus ditingkatkan dan perbaiki.

What is a good engagement rate for Instagram influencers?

Berdasarkan data Statista, rata - rata engagement rate postingan Instagram ada di antara 0,6% sampai 0,9%. Maka, jika berada di atas kisaran tersebut, engagement rate tersebut dapat dikatakan bagus.

Namun, benchmark ini bervariasi tergantung dari jumlah followers, reach, dan popularitasnya.

How to increase engagement on Instagram?

Kalau kalian penasaran gimana cara mendapatkan lebih banyak engagement di Instagram, ada beberapa cara untuk mewujudkannya. Yang paling penting, buat konten berkualitas yang sesuai dengan niche dan brand kalian secara konsisten. Instagram adalah platform visual, jadi kalian akan membutuhkan konten yang menarik dan engaging.

Kemudian, pasangkan dengan hashtag dan keyword yang relevan. Ini akan membantu pengguna Instagram lain untuk menemukan konten kalian di fitur pencarian. Yang terakhir, sering - sering berinteraksi dengan pengguna lain. Interaksi sebaiknya berlangsung dari dua arah, jadi berinteraksilah dengan pengguna Instagram lain yang engage dengan konten kalian.

Why is our Instagram Engagement Rate calculator free?

Slice adalah platform canggih yang dibuat untuk membantu brand dan agensi memulai influencer campaign terbaik. Kami dapat menarik banyak data mengenai statistik performa influencer di campaign yang sedang maupun sudah berjalan. Beberapa metrik penting yang kalian butuhkan untuk menyeleksi influencer dalam roster kalian tersedia di layanan gratis kami.

Kami membuat tool gratis ini untuk mempermudah pekerjaan marketer dan KOL Specialist. Kalian bisa menggunakan tool ini dengan gratis untuk kegiatan pemasaran kalian.

Selain kalkulator engagement rate Instagram, Slice juga menawarkan beberapa fitur lain untuk menyederhanakan alur influencer marketing / endorsement. Fitur utama Slice meliputi:
1. Influencer Payments
2. Tax Calculation
3. Influencer Campaign Reporting
4. Creator CRM
5. Influencer marketing digital contracts & signatures

Didn’t find the answer you are looking for? Contact our support
Confidently strategies to clients that include hundreds of influencers.
58% of brands plan on using more than 100 influencers at one time.